waduk mrica banjarnegara

Wisata Waduk Mrica, Banjarnegara, Jawa Tengah

Waduk Mrica atau dikenal juga sebagai Bendungan Panglima Besar Jendral Soedirman, terletak sekitar 9 km barat kota Banjarnegara, Jawa Tengah.

Waduk Mrica sejatinya difungsikan sebagai sarana pembangkit listrik tenaga air yang melayani area Jawa dan Bali. Listrik yang dihasilkan dari waduk ini mencapai 184,5 MW.
Waduk Mrica merupakan waduk buatan dengan membendung sungai Serayu yang melintasi wilayah Banjarnegara. Bendungan Waduk Mrica mempunyai panjang 6,5 Km dan luas 1.250 Ha, menjadikannya sebagai bendungan terpanjang di Asia Tenggara. Bendungan sebesar ini dihasilkan dengan menenggelamkan 32 desa di 7 kecamatan yang ada disekitar aliran sungai Serayu Banjarnegara.
Waduk Mrica yang penggunaannya diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1989 ini, tidak hanya berfungsi sebagai PLTA, tetapi lebih luas lagi untuk kemanfaatan para petani sebagai sarana menstabilkan aliran air irigasi menuju sawah-sawah yang terbentang di wilayah Banjarnegara.
Di Area Waduk Mrica juga dikembangkan sebagai lahan rekreasi yang dikemas dengan beragam fasilitas, mulai dari wisata air (perahu motor, dayung dan memancing), Arena bermainan Anak, Panggung pertunjukkan terbuka, juga terdapat Padang Golf dengan 8 holenya. Bahkan di aliran sungai bagian hulu terdapat wisata yang bisa memacu adrenalin yaitu Arung Jeram. Lintasan arung Jeram diawali dari Desa Tunggoro menuju Desa Singomerto, Kecamatan Sigaluh dengan panjang rute sekitar 12 Km.
Suasana di lokasi wisata waduk Mrica cukup sejuk, karena banyak ditumbuhi pohon-pohon yang rindang. Pemandangan waduk juga sangat mempesona, seolah sedang berada di pinggir pantai, hamparan airnya sangat luas ujung waduk nyaris tidak nampak. Dihari biasa tidak terlalu ramai, nyaris sepi, makanya banyak menjadi pilihan bagi anak muda yang sedang dimabuk asmara, katanya sekedar mendapatkan suasana romantis.
Kuliner khas Banjarnegara juga bisa dinikmati di area wisata ini, Es Dawet Ayu dan bakso biasanya menjadi pilihan pengunjung, untuk camilannya tempe mendoan hangat sangat nikmat. Ada juga serabi, makanan ini sangat khas karena bahan dan pembuatan masih sangat tradisional, sehingga menyuguhkan rasa original.
Untuk menjangkau lokasi wisata ini sangat mudah aksesnya, karena pintu masuk berada dijalur utama jalan raya di kabupaten Banjarnegara.
Dari pusat kota Banjarnegara sekitar 9 km kearah barat menuju Kota Purwokerto/Banyumas. Tiket masuknya juga sangat murah, hanya Rp. 2000 /orang. Tertarik?!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s